polisi online

Cara Memasang Widget Google Custom Search Engine di Blog/Website

cara membuat google search engine (CSE) di blogger
Google custom search engine widget adalah search bar/box yang terpasang di blog/website dan difungsikan sebagai mesin pencarian untuk pengunjung/visitor sama seperti halnya Google itu sendiri.
Fungsi dan keuntungannya antara lain:
1. Menyediakan alat pencarian dan hasil pencarian yang relevan.
2. Memberi spesifikasi pencarian situs-situs yang relevan dengan blog/website dan yang telah diberi setting tertentu.
3. Memberikan alternatif pencarian Google yang langsung dapat dicapai melalui website/blog tanpa membuka website Google. 
4. Dengan setting pada situs-situs tertentu anda dapat menunjukkan referensi-referensi bermanfaat yang selama ini anda gunakan.
5. Mengajak komunitas untuk meningkatkan penggunaan search engine dengan hasil yang relevan.
6. Mendapatkan penghasilan tambahan melalui Google Adsense search.
7. Dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Bagaimana cara mendapatkan dan memasang Google custom search di blog?
1. Buka Google Custom Search kemudian klik "create a custom search engine". Pastikan sebelumnya telah memiliki dan login dengan Account Google.
 2. Setelah masuk ke halaman selanjutnya isi data name, description, language, dan sites to search seperti pada gambar berikut.
Pada "sites to search" isikan satu atau lebih url situs yang ingin anda masukkan ke hasil pencarian. Pilih opsi 'standard edition' untuk mendapatkannya secara gratis. Kemudian klik 'next'.

3. Klik tampilan search bar/box yang diinginkan, jika ingin mengkostimisasi lagi, klik 'customize' pada jenis tampilan yang telah dipilih tadi.
Setelah selesai, klik next.

4. Copy script/kode seperti di bawah ini dan pasang ke widget blog/website.

Cara memasang widget custom search engine Google di Blogger/Blogspot:
1. Masuk ke dashboard > Design/Rancangan
2. Klik add gadget.
3. Setelah muncul pop-up window, pilih opsi HTML/Javascript.
4. Paste semua kode yang telah di copy dan klik save. Jika ingin menyesuaikan letak search bar, drag dan drop gadget tersebut ke posisi tertentu dan save lagi.
5. Done. Google Custom Search telah siap digunakan pengunjung.

Semoga bermanfaat!
google
Cara Memasang Widget Google Custom Search Engine di Blog/Website
Published by: Faried Sulthon Al-Husna
Rating: 5
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

Be a first comment!

Posting Komentar

Terima kasih! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook atau Twitter. No SPAM, No Links, No SARA, No G*mbling, No P*RNO!. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus. Thanks for understanding :)

Total Comments : Smashed Spams: 8

Recent Post

Recent Comments

About The Author

My Photo
Faried Sulthon Al-Husna
Hai Dreamers! Perkenalkan saya pemilik dari Blog Belajar Sambil Berbagi Blogspot ini. Saya adalah seorang pelajar di SMP Negeri 1 Malang, Jawa Timur. Saya senang bereksplorasi di dunia blog. Semoga anda senang dengan blog sederhana ini, jangan bosan-bosan kesini ya! Lihat saya di Facebook and Twitter. Mau kenal lebih lanjut? Add PIN BB saya 282F8B6C. Read more >>
View my complete profile

Join With Our Team!

Copyrights © 2013 Belajar Sambil Berbagi Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified and Enhanced by Faried Sulthon Al-Husna

 SitemapComment Policy